Khasiat Teripang Emas

07.26
Teripang atau trepang adalah nama yang diberikan kepada hewan invertebrata Laut mentimun (Holothuroidea) yang dapat dimakan. Teripang didistribusikan secara luas di lingkungan laut di seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut laut dalam, terutama di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat. Untuk wilayah Indonesia, Teripang ditemukan di perairan Indonesia Timur, seperti di perairan Borneo. Item umumnya berasal dari spesies laut mentimun Teripang yang hidup di perairan dangkal, kedalaman 50 meter.


Khasiat Teripang Emas

Teripang bergerak lambat binatang, yang hidup pada substrat dasar pasir, berpasir Lumpur dan dalam lingkungan terumbu. Teripang adalah komponen penting di rantai makanan di terumbu karang dan ekosistem yang terkait pada berbagai tingkat pakan struktur (trofik). Teripang-makan memainkan peran penting sebagai deposit (deposito pengumpan) dan makan suspensi (suspensi pengumpan). Di wilayah Indo-Pasifik, pada karang yang tidak di bawah tekanan dari eksploitasi, kepadatan Teripang dapat lebih dari 35 orang per m2, di mana setiap individu dapat memproses 80 gram berat kering sedimen setiap hari.

Tidak kurang dari 29 spesies laut mentimun ada kini menjadi komoditas perdagangan global. Sekitar 25 spesies laut mentimun dikenali berasal dari perairan karang di Indonesia. Sepuluh jenis yang memiliki nilai komersial. Jenis Teripang milik kategori utama, relatif mahal, atau Teripang Laut mentimun putih pasir, Holothuria scabra, Teripang basah Keperawatan h. nobilis dan h. fuscogilva, Teripang thelenota nanas ananas. Jenis yang meliputi Teripang laut ke dalam kategori menengah klan actinopyga, antara lain, Teripang lotong (a. miliaris); mentimun batu (a. echinites); bilalo mentimun (a. lecanora dan a. mauritiana).

Saat ini berburu Teripang adalah tidak hanya pada jenis harga tinggi, tetapi juga terhadap jenis biaya rendah yang tidak awalnya menjadi attantion. Total hasil tangkapan Laut mentimun di Indonesia pada tahun 2004 berjumlah 184 ribu ton. Saat ini, Indonesia diekspor Teripang 2600 ton per tahun dalam bentuk kering, konoko (gonad kering) dan konowata (asin usus). Produk yang diminati sebagai makanan kesehatan karena dapat meningkatkan vitalitas pria.

Manfaat dari bahan-bahan mentimun

Teripang laut yang kaya akan tumbuh faktor untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Kandungan protein mencapai 82% dan kemanjuran asam lemak esensial memperkuat sel-sel hati untuk menghapus antibodi. Karena itu juga Teripang (gamat) ini sering disebut immunomodulator.

Karena kandungan tinggi kolagen, Teripang (gamat) ampuh sel regenerasi sebentar. Menurut Drs. Zen, gamat larut dalam air sehingga langsung diserap dalam hati tanpa mengalami detoksifikasi.

Banyak penderita kanker yang berharap Laut mentimun. Setelah Prof. Aleli Gana dan Dr Florinia MeRCA dari fakultas kimia, Universitas Filipina, Filipina menemukan aktif senyawa menghambat pertumbuhan sel kanker. Senyawa yang disebut lectins.

Studi mengungkapkan, Teripang pada konsentrasi 50 mikrogram menggumpal dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Sama dibuktikan Jaime Rodriguez, Universidad de Santiago de Compostela, Spanyol.

Menurut Dr.Ir.M. Ahkam Subroto, M.App.Sc., peneliti Bioteknolog LIPI, kandungan protein tinggi dalam Teripang dari bahan dasar QNC Jelly Gamat yang mencapai 82%, Apakah diberikan kepada penderita diabetes. Tinggi protein memainkan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Akibatnya, produksi insulin meningkat.

Teripang tidak hanya membantu proses penyembuhan stroke dan asma. Mematikan penyakit lainnya yang dilakukan oleh anggota keluarga Holothuriidae seperti diabetes melitus, jantung koroner, hepatitis, dan psoriasis.

Teripang berkhasiat untuk hampir semua kasus penyakit. Cara kerjanya tentu berbeda. Sebagai contoh, ekstrak mentimun laut untuk memblokir asam urat asam urat, untuk Osteoartritis artritis alias Teripang kondroitin sehingga memberikan peningkatan tulang kerapuhan, kata dr Zen

Lebih akrab dikenal dengan nama "Haysom" terutama di restoran Cina, Teripang atau Teripang ini sering dimitoskan sebagai satu pembooster makanan energi cinta. Pertama-tama karena bentuknya menyerupai bentuk zakar alias batang, sehingga orang-orang yang sering mengkonsumsi mereka seharusnya Perkasa Hercules di bak kontes!

Teripang dalam keluarga hewan laut yang relatif terlalu jauh dari bintang laut dan diklasifikasikan dalam Echinodermata. Disebut sebagai "Sea Cucumber" yang di jadikan bahan utama QNC Jelly Gamat dalam bahasa Inggris karena bentuknya adalah seperti mentimun. Di Prancis ia disebut dengan nama romantis "Beche de Mer" berada di Cina dalam bahasa Mandarin, dengan jelas bernama Hai Shen (Haysom), yang berarti Ginseng laut. Itu tidak jelas apakah judul yang dilahirkan dari laut atau prestasi sebagai afrodisiak karena memiliki potensi lain sebagai makanan bergizi.

Selama berabad-abad, orang-orang Cina telah dikonsumsi Haysom oleh pencampuran ke dalam masakan mereka. Hal itu bukan karena semua orang ingin memiliki stamina seks hidup karena perempuan juga banyak orang yang mengkonsumsi tapi karena Haysom terbukti dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti menurunkan tekanan darah tinggi untuk meringankan nyeri sendi. Tidak menghitung lagi kegunaan sebagai "energi booster" yang layak disebut sebagai ginseng laut. Selama beberapa hari, Haysom telah menjadi makanan harus hanya dikonsumsi oleh kalangan tertentu, terutama keluarga kerajaan dan bangsawan yang pada waktu itu umumnya mempunyai ramai isteri dan gundik.

Di pasar Haysom dijual di segar dan kering. Berbagai toko obat di Chinatown biasanya juga menjual Haysom sarang burung, ginseng, dan berbagai bahan-bahan bergizi lainnya. Seperti ide, Teripang Haysom alias tidak benar-benar memiliki aroma yang spesifik, tapi tekstur lembut dan licin daging membuatnya mudah untuk diolah sebagai sup, aduk goreng, atau makanan berkuah lainnya. Butuh cukup lama untuk menyiapkan baru Haysom ditangkap di laut sebelum itu bisa dimakan. Kadang-kadang prosedur pembersihan dan persiapan mereka untuk mengambil beberapa hari.

Jadi jika Anda ingin tidak repot-repot berusaha virulensi Haysom, cukup kunjungi sebuah restoran Cina yang besar di kota Anda. umumnya, Restoran Cina yang besar antara Haysom sebagai salah satu menu utama.

0 komentar