10 Makanan Sehat Bernutrisi Untuk Penderita Kista Ovarium

23.01

Makanan yang menyembuhkan kista secara tradisional

Kista Ovarium - Merupakan penyakit yang seringkali menyerang wanita diatas usia 25 tahun, penyakit ini disebabkan oleh banyak faktor. Dan pada masa kini wanita usia 20 tahun pun sudah mulai ada yang menderita kisat ovarium, diantara penyebab kista, berikut ini adalah beberapa faktor penyebabnya :

  • Diet tidak sehat
wanita cenderung ingin memiliki tubuh yang ideal dan seksi, maka untuk menghasilkan maksudnya mereka rela untuk melakukan diet, namun tahukah anda jika diet dilakukan dengan cara yang tidak sehat akan menyebabkan kista ovarium. Diet yang sehat biasanya memperbanyak jam makan dengan porsi yang sedikit, menambah asupan buah dan sayuran, serta tidak makan makanan yang mengandung lemak tinggi. Jika anda salah memilih tips diet akibatnya akan sangat fatal.

  • Kekurangan gizi
Kekurangan gizi atau asupan nutrisi tubuh yang tidak tercukupi juga berpotensi menyebabkan kista, melengkapi nutrisi harian sangat pentuing untuk mencegah kista ovarium. Diantara makanan yang sehat untuk orang yang menderita kista akan dibahas dibawah, simak terus ya!!

  • Rokok dan Alkohol
Selain faktor gizi, kebiasaan buruk dalam keseharian juga akan mengakibatkan penyakit kista ovarium. Rokok merupakan sumber banyak penyakit, berehenti merokok adalah pilihan terbaik untuk menghindari kista ovarium, Selain rokok ada juga miras atau minuman keras yang bisa membakar isi dalam tubuh sehingga berkaibat fatal untuk kesehatan.

  • Hormon
Penyebab utama penyakit kista ovarium adalah abnormalnya hormon seksual yang mengarah pada gangguan menstruasi dan pembekuan kista kecil di ovarium.

Jika anda sudah terlanjur mengalami kista ovarium, berikut ini saya tuliskan beberapa makanan yang sehat untuk orang yang menderita kista :

  •  Salmon
Salmon kaya akan omega-3 dan rendah indeks glikemik, salmon sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menderita kista, dan jika anda yang sehat rutin konsumsi makanan ini anda akan terhindar dari risiko terkena penyakit kista ovarium.

  • Kacang-kacangan
Kacang-kacangang sangat dalam mengatur pergerakan insulin, esistensi insulin merupakan awal mula kista ovarium, dengan makan kacang-kacangan hal ini bisa dihindari secara alami.

  • Bayam
Sayuran hijau ini banyam tumbuh dan di pekarangan rumah dan merupakan sayuran yang banyak dibudidayakan, bayam mengandung kalori rendah sehingga bayam bermanfaat untuk menghindari infertilitas karena kelebihan berat badan.

  • Yogurt
Banyak orang yang menggunakan yogurt sebagai bahan untuk membuat produk kecantikan, karena yogurt mengandung banyak nutrisi yang salah satunya adalah kalsium, yogurt bermanfaat untuk mencegah infeksi termasuk infeksi saluran kemih.

  • Susu
Matangnya sel telur pada wanita sangat bisa dibantu dengan susu, baiknya mengandung susu murni, susu mengandung banyak kalsium dan sangat baik untuk wanita yang mengalami kista ovarium.

  • Salada
Sayur hijau yang banyak tumbuh di rawa dan danau ini bisa di budidayakan dan dijadikan sebagai makanan sehat untuk penderita kista ovarium, salada banyak mengantung senyawa super yang mampu menghilangkan berbagai macam penyakit.

  • Kayu manis
Kayu manis merupakan rempah yang banyak digunakan dalam berbagai pengobatan, kayu manis berkhasiat untuk mencegah  kegemukan dan menurunkan berat badan sehingga dapat mencegah terjadinya peningkatan insulin.

  • Brokoli
Brokoli hijau adalah salah satu sayur yang aman sehat untuk penderita kista, sayur ini rendah indeks glikemik, cocok di konsumsi ketika menjalani program penurunan berat badan.

  • Tomat
Merupakan sayuran yang berwarna merah bisa dikonsumsi sebagai makanan sehat ketika diet dan berkhasiat untuk mencegah kista karena mengandung likopen yang cukup banyak didalamnya.

  • Telur
Telur merupakan makanan yang paling sehat dan banyak dipilih karena dapat mencegah kista secara alami dan cepat, makan telur setiap hari akan membantu menurunkan risiko kista apabila dikonsumsi sesuai batas normal.

Itulah beberapa tips makanan yang bisa dikonsumsi dan aman untuk dikonsumsi ketika anda menderita kista, semoga lekas sembuh.